Mengatasi Error cannot create file xampp-control.ini access denied

Solusi, tips dan trik memperbaiki masalah cannot create file xampp-control.ini access denied pada Xampp windows 10, 8/8.1 dan 7 – Perlu anda ketahui, jika xampp merupakan sebuah perangkat lunak open source atau bebas yang sangat berguna sekali guna mendukung banyak sistem operasi dari kompilasi beberapa program.

Fungsinya sendiri adalah sebagai server yang mampu berdiri sendiri dan terdiri atas program MySQL database, Apache HTTP Server, hingga penerjemah bahasa dengan program PHP dan Perl.

Perlu anda ketahui, bahwa terdapat berbagai masalah yang kerap ditemui pengguna pada XAMPP. Salah satunya adalah Error Cannot Create File xampp-control. Untuk lebih lengkapnya, anda berikut tampilan pesan error tersebut.

Nah dari sini, apakah anda pernah mengalami permasalah seperti berikut? Jika iya maka kita akan membahas bagaimana cara mengatasi error cannot create file xampp-control.ini acces denied.

Agar lebih paham, penulis situs AmalanKomputer.com menyarankan untuk menyimak informasi berikut ini secara lengkap.

Penyebab Terjadinya Error Cannot Create File xampp-control.ini access denied

Pada umumnya, penyebab terjadinya Error Cannot Create File xampp-control.ini access denied disebabkan oleh Program Utama XAMPP yang tidak mempunyai akses untuk mengubah xampp-control.ini.

Cara Mengatasi Error Cannot Create File xampp-control ini access denied

Ada beberapa solusi yang biasa anda lakukan untuk mengatasi Error Cannot Create File xampp-control.ini access denied. Diantaranya sebagai berikut :

1. Mengakses XAMPP dengan Run As Administrator

Langkah pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengakses XAMPP dengan Run As Administrator. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Silahkan anda cari program software XAMPP diperangkat kalian.
  2. Di program Xampp, klik kanan dan pilih Run as administrator.
  3. Setelah pertanyaan perizinan UAC muncul, klik saja button Yes untuk menyetujuinya.
  4. Jika telah selesai, maka XAMPP bisa berjalan sebagai administrator.

2. Ubah pengaturan Permission for Users

Ada langkah-langkah yang bisa anda terapkan ketika mengalami masalah seperti ini yang anda alami pada versi 7.x. Simak cara berikut ini.

    1. Akses atau masuk ke folder XAMPP;
    2. Silahkan anda cari file xampp-control.ini;
    3. Klik kanan di file tersebut lalu pilih Properties;
    4. Silahkan anda masuk ke tab Security;
    5. Klik saja button Edit di bagian bawah Group or User.
    6. Ketika di jendela group or user, anda bisa memilih opsi Everyone atau Users. Dibeberapa kasus Pc atau komputer lain, anda bisa memilih beberapa opsi seperti Authenticated UsersSystemAdministrator, dan Users;
    7. Ketika anda sudah berada di bagian Permissions for Users, centang saja kotak Full Control sehingga Modify dan Write juga akan ikut tercentang;
  1. Jangan lupa meng-Apply perubahan tersebut dan setelahnya klik Ok untuk setiap jendela guna penyimpanan perubahan.

Dengan begitu, masalah tersebut pada versi 7.x bisa teratasi.

3. Atur User Account Control

Ada cara alternatif yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan ini dengan cara menonaktifkan User Account Control (UAC) pada Windows. Untuk lebih lengkapnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Ketiklah UAC di pencarian Windows dan masuk ke UAC yang ditemukan
  2. Ketika muncul tampilan Choose When to be notified about changes to your computer, anda bisa menggeser slider hingga paling bawah lalu mengklik button Ok.

Dengan cara menonaktifkan UAC, maka anda bisa menggunakan XAMPP seperti sedia kala dan error tidak akan muncul lagi.

Penutup

Sekian pembahasan mengenai cara mengatasi Error Cannot Create File xampp-control.ini access denied. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Selamat Mencoba.

Share your love

Leave a Reply